Persamaan Dan Perbedaan Konstruksi Kuda-Kuda Baja Ringan dan Kayu

0 Comments

Dahulu pembuatan konstruksi kuda-kuda untuk atap banyak dilakukan dengan menggunakan kayu. Untuk saat ini konstruksi kuda kuda baja ringan lebih populer. Apa persamaan dan perbedaannya? Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian kuda-kuda

Kuda-kuda pada atap adalah sebuah rangkaian batang yang dibuat untuk menyangga beban dari atap dan juga beban lainnya yang ada di lingkungan dari atap. Batang yang digunakan bisa dibuat dari banyak bahan, mulai dari kayu yang merupakan jenis bahan kuda-kuda yang tradisional, atau bambu, atau beton dan yang terakhir yang saat ini paling banyak dipilih adalah kuda-kuda dari bahan baja ringan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya terutama bahan kayu.

Persamaan kuda-kuda kayu dan kuda-kuda baja ringan

Sesungguhnya kuda-kuda dari bahan kayu dan juga kuda-kuda dari bahan baja ringan  memiliki beberapa persamaan. Salah satu persamaannya adalah ikatan angin yang dimilikinya. Pada kuda-kuda baja ringan dan juga kuda-kuda kayu dibutuhkan ikatan angin yang digunakan untuk memperkaku struktur kuda-kuda di arah mendatar.

Perbedaan kuda-kuda kayu dan kuda-kuda baja ringan

Untuk perbedaannya. Berikut ini adalah ulasannya.

  • Mengenai maksimal kekuatannya

Salah satu perbedaan yang dimiliki oleh kuda-kuda dari bahan kayu dan juga kuda-kuda dari bahan baja ringan adalah mengenai kekuatan maksimal yang dapat ditanggungnya. Sebuah kuda-kuda kayu memiliki kemampuan untuk menanggung bentangan sekitar 15 meter sedangkan untuk baja dari bahan baja ringan memiliki kemampuan untuk menyangga beban sekitar 75 meter. Sangat besar bukan? Hal ini menyebabkan konstruksi kuda kuda baja ringan banyak digunakan untuk membuat rangka atap untuk bangunan besar dan komersial.

  • Mengenai cara pemasangannya

Sesuai dengan namanya, baja ringan merupakan sebuah produk konstruksi yang memiliki bobot yang ringan. Dibandingkan dengan kayu baja ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Bobot yang ringan ini menyebabkan bahan baja ringan memiliki pemasangan yang lebih mudah dan lebih cepat. Selain itu lebih sedikit juga tenaga yang digunakan dalam pembuatannya. Lebih hemat dan lebih efisien tentunya.

Penggunaan kuda-kuda dari bahan baja ringan

Untuk anda yang ingin menggunakan rangka atap dengan menggunakan bahan baja ringan, bangunan yang memiliki bentangan atap lebih dari 9 meter merupakan bangunan yang cocok untuk bahan baja ringan. Bahan  baja ringan merupakan bahan yang cocok digunakan dalam pembuatan rangka atapnya. Bangunan dengan bentangan atap ini membutuhkan kekuatan yang lebih tinggi dalam penyanggaan atapnya, jika anda menggunakan bahan lain seperti bahan kayu, hal ini akan menyebabkan resiko yang tinggi. Untuk contoh dari bentangan tersebut adalah  bangunan yang besar seperti bangunan pabrik atau bangunan untuk garasi pesawat atau hanggar pesawat. Untuk bangunan tersebut konstruksi kuda kuda baja ringan akan sangat cocok digunakan.

0

About admin

    You May Also Like

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *