Apa Itu Lampu PJU Tenaga Surya?

0 Comments

Lampu PJU tenaga surya menjadi salah satu alternatif yang dilakukan pemerintah guna menghemat energi. Belum lagi, energi yang didapatkan tergolong murah karena memang energinya berasal dari sinar matahari. Terlebih lagi, Indonesia mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun sehingga akan rugi kalau tidak dimanfaatkan.

Pengertian lampu jalan tenaga surya

Lampu jalan tenaga surya lebih dikenal dengan singkatan PJU solar cell dan menjadi salah satu fasilitas umum untuk penerangan jalan. Salah satu hal yang cukup menonjol dalam penggunaan jenis lampu yang satu ini adalah energi yang digunakan. Energi lampu jalan ini menggunakan energi matahari. Jadi lampu ini meninggalkan penggunaan energi listrik yang cukup kuno.

Lampu jalan tenaga surya merupakan solusi terbaik untuk daerah – daerah yang terpencil di Indonesia. Terutama, daerah yang tidak bisa dijangkau oleh PLN. Tapi beberapa perkotaan besar, seperti Jakarta mudah menemukan lampu PJU tenaga surya ini. Contohnya saja di taman, tempat parkir, SPBU dan masih banyak lagi.

Cara kerja lampu jalan tenaga surya

Cara kerja dari lampu jalan tenaga surya tergolong cukup unik. Lampu LED nya sendiri akan menyala dengan sendirinya pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, panel surya akan bekerja menangkap sinar matahari. Panel surya sendiri masih memiliki kemampuan untuk menangkap sinar matahari, walaupun dalam keadaan mendung sekalipun.

Sinar matahari itulah yang nantinya akan diubah menjadi energi listrik melalui proses yang dikenal dengan photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai. Saat panel surya bekerja, maka lampu indikator akan menyala merah. Sebaliknya, pengisian energi yang sudah penuh, lampu indikator akan mati.

Selanjutnya, energi listrik yang tersimpan dalam baterai akan digunakan untuk menyalakan lampu PJU. Saat malam tiba, lampu akan otomatis menyala. Baterai yang terisi penuh bisa menyalakan lampu kurang lebih selama 12 jam.

Untuk membuat baterai terisi penuh, dibutuhkan waktu 4 jam panel surya dalam menangkap sinar matahari. Namun hal tersebut dilakukan saat cuaca cerah. Sedangkan, jika cuaca mendung, maka sinar lampu akan redup atau bahkan tidak menyala.

0

About admin

    You May Also Like

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *