3 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Lampu PJU Tenaga Surya Dapat Berfungsi Maksimal

0 Comments

Lampu PJU all in one tenaga surya saat ini lebih banyak disukai pemerintah daerah dalam memberikan penerangan jalan. Tentunya bukan tanpa alasan. Sumber daya tenaga matahari yang tidak akan habis sekaligus efisiensi biaya perawatan menjadi alasan utamanya. Belum lagi keuntungan lainnya, seperti memberikan nilai artistik dan tambahan pajak daerah jika digunakan sebagai media periklanan. Sayangnya, pemasangan panel ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan sehingga akan berakibat pada tidak maksimalnya panel dalam menyerap sinar matahari. Apa sajakah ketiga hal tersebut? Berikut ini uraian lengkapnya.

  1. Kerenggangan Lingkungan

Maksud dari kerenggangan lingkungan di sini adalah posisi panel ditempatkan. Jangan sampai panel surya dipasang di mana sekitarnya banyak pohon atau gedung bertingkat. Sebab, hal ini akan mengurangi kemampuan panel dalam menyerap sinar matahari. Sinar matahari yang masuk ke dalam panel sangat terbatas karena tertutup oleh benda-benda di sekitarnya. Oleh karena itu, sebelum memasang panel surya, pastikan di sekitar panel tidak terdapat pohon atau gedung tinggi yang akan menutupi datangnya sinar matahari. Jika memungkinkan, pasanglah lebih tinggi dari benda-benda yang ada di sekitarnya.

  1. Kemiringan Panel

Sebenarnya, kemiringan panel ini tidak begitu berfungsi jika memang di sekitar panel sudah “bersih” dari benda-benda yang dapat mengganggu proses penangkapan sinar matahari. Kemiringan panel menjadi sangat penting jika di sekitar penempatan panel terdapat banyak benda tinggi. Terlebih jika daerah yang akan dipasang panel tidak luas, sementara jumlah panel yang diperlukan cukup banyak. Nah, dalam kondisi ini, kemiringan panel menjadi sangat penting. Kemiringan tersebut akan mempermudah bagi petugas dalam melakukan perawatan atau pembersihan. Kemiringan juga akan meminimalisir terjadinya pengendapan debu atau air hujan yang jatuh di permukaannya. Adapun besarnya kemiringan sebenarnya tidak ada patokan tertentu. Dalam hal ini, yang terpenting air hujan, debu, maupun kotoran bisa jatuh dengan cepat saat menempel di permukaan panel.

  1. Arah Posisi Panel Surya

Inilah hal wajib yang harus diterapkan saat memasang panel surya. Sebab, arah posisi yang salah dapat mempengaruhi intensitas penyerapan sinar matahari. Dalam hal ini, pastikan panel surya tidak mengarah langsung pada saat matahari terbit maupun tenggelam. Mengapa? Sebab, jika dipasang mengarah terbit matahari, maka pada saat sore hari panel surya tidak akan mendapatkan pasokan sinar matahari. Begitu juga sebaliknya, jika panel surya mengarah barat di mana matahari tenggelam, maka pada saat pagi hari panel surya tidak akan mendapatkan sinar matahari. Ini artinya, arah terbaik untuk panel surya adalah menghadap utara-selatan atau selatan-utara. Dengan penempatan seperti ini, sinar matahari dalam satu hari dapat tertampung semua dalam panel surya, terlebih pada lampu PJU tenaga surya.

0

About admin

    You May Also Like

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *